Langsung ke konten utama

PAKET WISATA OUTING KE PULAU NIAS

NIAS
Nias adalah sebuah pulau indah yang terletak di sebelah barat Sumatra, berdekatan dengan kepulawan Mentawai. Pulaw Nias di huni oleh mayoritas suku Nias yang sebagian memiliki  budaya megalitik. Selain budaya yang kuat, Pulau Nias  juga di kenal  sebagai salah satu  daya tarik  wisatawan mancanegra mengunjungi Nias.


Jika Medan  mengenal kota horas, di Nias ada saapan khas masyarakat kepada siapapun , yaitu "ya'ahowu" (semoga diberkati) "ya'ahowu" mengadung arti memperhatikan kebahagiaan orang lain karena mengharapkan  orang yang di sapa  di berkati oleh yang maha kuasa. Makna lainnya adalah persaudaraan (dalam damai). Jadi  jika bertemu dengan masarakat Nias, kita sebaiknya mengucapkan "ya'ahowu".

Suku Nias adalah masarakat yang hidup dalam lingkungan adat dan kebudayaan yang tinggi. Hukum adat Nias mengatur segala segi kehidupan  mulai dari kelahiran  hingga kematian. Masarakat Nias kuno hidup dalam  budaya magalitik  yang di  buktikan oleh peninggalan  sejarah  berupa ukiran  di batu - batu  besar yang masih di temukan di  wilayah  pedalaman pulau  ini sekarang. Dan, menurut salah satu mitos masyarakat Nias, asal usul suku Nias  dari sebuah pohon kehidupan.

Kebudayaan Nias yang kental , tercermin dari banyaknya desa adat disana. Masyarkat Nias memang menyadari hal ini dan dan menjadikannya sebagai tujuan wisata potensial.

Setelah gempa besar menimpa Nias pada 2005 silam, banyak jalan, rumah, dan infrastruktur yang rusak. Namun , pada akhir 2011 sebagai besar infrastruktur sudah di bangun dan sektor pariwisata juga sudah kembali bangkit. Meskipun ada beberapa peringatan akan terjadi kembali gempa di Nias, wisatawan tidak ragu berkunjung kesana . Bahkan , menurut penduduk  Nias, gempa besar tersebut membawa berkah tersendiri. Setelah tejadi gempa, banyak jalan mulai dibangun oleh LSM asing dengan kualitas yang sangat baik.



SERBA SERBI NIAS
Festival Budaya Nias rutin diadakan setiap tahun , biasanya setiap bulan Agustus . jadi tiket pesawat dan akomodasi ke Nias menjadi lebih mahal karena adanya festival budaya ini. Selain itu pada juni hingga juli , harga tiket dan akomodasi ke Nias sedang besar sehingga banyak turis mancanegara yang kesana. Dan, pada bulan itu di Nias juga di selenggarakan kejuaraan selancar internasional.

Jika pecinta surfing, Anda sangat di sarankan mengunjungi Nias pada bulan Juni sampai Agustus. Biasanya ombak saat itu bagus untuk olahraga ini, selain bisa menikmati ombaknya yang besar , saat itu kita juga bisa menikmati durian khas Nias yang sedang musim.

Sebagian besar daerah Nias adalah pantai dan cuacanya cenderung panas. Untuk itu kita sebaiknya mengunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan kasual, tetapi tetap sopan seban warga Nias masi memegang teguh adat merdeka. jangan lupa juga untuk membawa krim Sunblock agar kulit tidak terbakar. Dan jika ingin bersurfing ria , kita di sarankan untuk membawa sendiri papan surfing karena di Nias tidak ada yang menyewakan papan surfing.

TRANSPORTASI KE PULAU NIAS
Gunung Sitoli adalah ibu kota kabupaten Nias. Tidak ada penerbangan langsung dari kota besar seperti Jakarta ke Nias. Untuk menuju Nias Kita harus melewati medan. Dan, Dari medan ,ada 2 rute menuju Gunung Sitoli.

JALUR DARAT. 
Dari medan kita bisa menggunakan bis jurusan Sibolga . untuk mengetahui bis jurusan sibolga, kita bisa melihat tujuan trayek bis, atau menanyakan trayeknya ke kenek. Perjalanan dari medan ke sibolga ditempuh selama kurang lebih 9jam dengan ongkos Rp. 60.000 - Rp. 70.000 .
turun di pelabuhan sibolga, perjalanan kemudian di lanjutkan menggunakan kapal raja Enggano dan pulau Tello. perjalanan lewat laut ini memakan waktu sekitar 5jam dengan kapal cepat dan 12am dengan kapal besar.

JALUR UDARA.
Bandar udar yang terletak di gunung sitoli ibukota Nias , yang bernama bandara Binaka. untuk menuju kota ini lewat udara , ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute medan - gunung sitoli ( tidak ada penerbangan langsung dari jakarta meuju gunung sitoli ), yaitu merpai dan trigana . kedua maskapai ini melayani jalur tersebut setiap hari. setidaknya dua kali penerbangan, pagi dan siang, dengan tarif berkisar Rp. 550.000,- , jika berangkat dari jakarta, sebaiknya kita mengambil penerbangan pagi menuju medan  , sehingga siangnya bisa melanjutkan perjalanan menuju gunung sitoli. sisakan waktu jeda 3 hingga 4jam untuk menghinari diley dan mengurus bagasi

DI DALAM KOTA
Transfortasi umum di Nias  masih kuring begitu baik,  meskipun disana sudah ada angkutan umum. Namun, angkutan umum hanya terbatas di kota besar dan sebagai alat transfortasi  antar kota,  jadi,  jika menginjungi nias,  kita di satrankan untuk pergi berkelompok ( lebih dari 3 orang)  sehingga bisa beramai - ramay  menyewa mobil . Untuk berkeliling pulau , di sarankan menyewa mobil  dengan tarif Rp. 500.000,-  perhari sudah termasuk ongkos supir, ini di luar bbm . Tambahan biaya bbm kisaran Rp 100.000,- sampai Rp. 150.000,-  untuk menyewa mobil , kita bisa menanyakannnya langsung di bandara atau di hotel kita menginap.

Ketika berkunjung ke kota Nias  sebaiknya kita di dampingi seorang pemandu,  bisa temen pemandu Nias atau menyewa pemandu lokal selain mengenal kondisi alam dan bahasa lokal Nias, keliling bersama mereka membuat kita merasa nyaman. Bila pertama kali berkunjung ke Nias  kita di  sarannkan menyewa mobil, untuk mencari Guide lokal  kita bisa menghubungi di tempat kita mengina. Tarifnya berkisar Rp. 70 Ribu sampai Rp. 20 ribu/ hari

OBYEK WISATA
Objek wisata di Nias sebagian besar adalah pantai semua pantai yang di kunjungi tidak bayar alias gratis, Masuk desa adatpun kita tidak perlu membayar, hanya melapor saja pada ketua adat setempat. Berikut ini adalah objek objek wisata di Nias yang wajib di kunjungi.

- Museum pusaka Nias 
 buka : 10.00 - 16.00
 Tarif : Rp. 5000
 Alamat : Jl. Yos Sudarso No. 134A, Gunung sitoli
 Telp : 0639-21920
 Web : www.museum-nias.org

Museum Pusaka Nias adalah museum terbesar di gunung sitoli , Disisni terdapat rumah adat Nias di dalam museum terdapat banyak barang barang di pamerkan barang antik peninggalan Nias Kuno. Jumlah koleksinya mencapai 6.500an , yang terdiri atas artefak alat alat rumah tangga , patung patung megalit dari kayu dan batu, perhiasan , senjata tradisional , mata uang ,pakaian perang, simbol simbol kebangsawanan, hingga rumah adat asli Nias yang di sebut Omo Hada.

Di museum yang sangat luas ini ada beberapa binatang yang di lindungi seperti buaya dan orang utan dan jika bosan kita bisa menikmati suasana pantai yang ada di belakang museum. Anehnya, wisatawan lokal tidak di ijinkan memotret di dalam museum dengan alasan khawatir barang barang disana akan di tiru, Namun wisatawan mancanegara di biarkan memotret.

DESA BAWOMATALUO
Desa Bawomataluo ini sudah di daftarkan World Heritage di Unesco sejak 2009 sebagai warisan budaya dari Indonesia. Desa ini adalah desa adat sekaligus desa budaya yang cukup di kenal di Nias Selatan. Untuk mencapai desa ini , di perlukan perjalanan darat selama 3jam dari Gunung Sitoli Menuju pesisir pantai Selatan Nias.

Dalam bahasa Nias Bawomataluo berarti bukit matahari . Dinamakan demikian karena Desa ini terletak di ketinggian 400 meter di atas bukit. Di desa yang berhawa sejuk ini kita bisa melihat banyak rumah adat Nias Selatan yang masih terjaga. Ternyata desa Bawomataluo adalah Ibukota desa desa adat yang tersebar di Nias. Konon, Desa ini sudah ada sejak Zaman megalitikum . peninggalan zaman itu bisa kita lihat dari sebuah bangunan kuno dan bebatuan besar di salah satu rumah adat Raja Nias yang ada disini.

Keunikan lainnya, desa ini terlihat seperti sebidang lahan luas  yang rata dengan batu, yang di penuhi dengan rumah - rumah penduduk yang berhadapan . dari tangga masuk desa, kita bisa lasngsung melihat deretan rumah penduduk itu  rumah raja nias terletak paling ujung sebelah kiri. sedangkan deretan rumah adat peduduk  dan sebuah balai  desa berada  barat sebelah kanan . Meskipun telah berusia ratusan tahun,  banguna-bangunan itu masi utuk dan terjaga dengan baik.  banguna-bangunan itu  tidak pernah di renovasi  kecuali atap rumah yang di ganti  dengan seng agara lebih awet.
Wisatawan tidak di pungut biaya  untuk masuk kedesa ini. Namun, terlebih dahulu  kita harus melapor kepada ketua adat setempat. Dari sana kita kan di jelaskan tentang  sejarah adat desa tersebut. Tidak ada larangan khusus  saat mengunjungi desa ini, selain meminta izin  dan berpakaian  sopan.

PANTAI SAROKE
Tarif : Gratis
Cara kesana : dari arah gunung Sitoli, Letak pantai ini sebelum desa adat Bawomataluo
 Pantai ini sangat populer  di kalangan peselancar. sayangnya, wisata dalah negri tidak banayak  mengenal pantai ini . Sebaliknya wisatawan mancanegara justru khusus datang  ke Nias hanya untuk ke pantai Saroke  karena ombaknya yang besar sangat  populer  sebagai salah satu wisata  andalan Indonesia. konon, ombak ini terbaik di dunia setelah Hawai.

Istimewanya. Glombang tinnggi  di pantai ini tidak dipengaruhi mata angin  serta pasang surut air laut.Letaknya yang berhadapan langsung dengan samudra  Indonesia yang membuat ketingian ombak  mencapai ketingian 3-5 Meter ( ini tidak di miliki pantai lain di dunia )
pada bulan Juni dan Juli  pantai ini di padati pengunjung karena saat itu kondisi ombak sangat tinggi  dan di sepanjang pesisir  pantainya terdapat  banayak losmen yang di peruntukkan  bagi para peselancar.

Tradisi Hombo Batu atau Lompat Batu
Mungkin kita ingat dengan gambar tradisi lompat batu di uangseribu rupiah awal 1990-an. Dan ketika mendengar kata NIAS kitapun langsung teringat tradisi unik ini. Nama tradisi bernilai budaya tinggi ini disebut "Hombo Batu". Pada zaman dahulu, sering terjadi peperangan antar Desa desa Nias , Sebagai pertahanan , akhirnya banyak desa memasang pagar batu tinggi. Agar bisa menyerang musuh, pemuda yang akan menjadi prajuritpun diwajibkan berlatih melompati batu pertahanan ini. padahal tinggi batu tersebut sekitar 2 meter.

Hampir semua desa adat di Nias memiliki menara batu ini , Dahulu menara batu memang di gunakan sebagai ajang berlatih melompat bagi pemuda yang akan maju berperang. Namun karena perang antar-desa sudah tidak ada, sekarang tradisi ini diteruskan sebagai salah satu bentuk ritual upacara dan simbol budaya masyarakat Nias. Para pemuda Nias melakukan tradisi ini untuk menunjukan bahwa mereka sudah dewasa dan matang secara fisik . Dengan melakukan lompat batu , mereka akan di akui sebagai lelaki pemberani dan memenuhi syarat untuk menikah.

Itulah sekedar gambara tentang NIAS sebagai gambaran awal bila keita berencana berwisata, outing sebagai pengisi acara outbound gathering untuk Company Gathering, Family Gathering ataupun Study Tour Sekolah.
Metamorphosa Indonesia smenyediakan berbagai pilihan paket tour, wisata outing outbound gathering dengan beberapa tujuan wisata yang ada di Indonesia. Tidak hanya di kota Lembang Bandung, apabila anda tertarik wisata ke pulau Nias, dapat juga menggunakan jasa EO Metamorhosa Indonesia.

Info Detail untuk paket outing outbound gathering
METAMORPHOSA INDONESIA
Event Organizer, Outing, Outbound, Gathering di Lembang Bandung


Postingan populer dari blog ini

Gathering Outbound untuk Sekolah

. Rutinitas proses belajar mengajar di ruang kelas kadang menumbuhkan rasa jenuh bagi siswa. Maka program belajar di alam terbuka dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan jenuh sekaligus refreshing bagi siswa adalah jalan keluar. Aktiftas Outing Outbound yang dilakukan di lokasi wisata dapat juga dijadikan salah satu alternatif untuk membangun character bagi siswa.

Jasa Talent Performance untuk Acara Gathering Thematic

Kegiatan Outing Gathering anda kurang lengkap apabila tidak dikemas dengan acara puncak kebersamaan. Konsep entertainment ini tentunya disesuakan dengan kebutuhan dan jenis acaranya. Kebutuhan talent, MC/Host sampai dengan dekorasi sangat diperlukan untuk mendukung acara ini. Beberapa konsep kegiatan yang dapat difasilitasi oleh EO Metamorphosa Indonesia antara lain : - Penyediaan ballroom / function hall sesuai kapasitas peserta - Penyediaan panggung / stage - Penyediaan dekorasi - Penyediaan lighting - Penyediaan komponen entertainment ( mulai single keyboard, perkusi, fullband, dsb) - Penyediaan MC/Host - Penyediaan penyanyi / artis - Penyediaan Penari / Talent Tradisional / Klasik - Penyediaan Penari / talent Modern Konsep entertainment ini disesuaikan dengan kebutuhan acara formal ataupn non formal untuk : - Meeting Gathering / Bisnis Gathering - Company Gathering / Employee Gathering - Family Gathering - Birthday party - Farewel Party - Wisuda Kelas / Mahas

FAMILY GATHERING PACKAGE

FAMILY GATHERING FAMILY GATHERING merupakan media yang efektif untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan baik antar karyawan, anggota keluarga karyawan, maupun management / pimpinan perusahaan. Kegiatan yang biasanya melibatkan anggota keluarga ini, akan memerlukan waktu khusus dalam perencanaan program agar hasilnya dapat lebih optimal. FAMILY GATHERING DI LEMBANG BANDUNG Kota Lembang dan Bandung banyak menawarkan tempat yang menarik untuk kegiatan Family gathering. Dengan ragam tempat wisata dan aktifitas outbound yang eduktaif dan atraktif, kami akan menjadi eo kegiatan anda dengan beberapa pilihan lokasi outbound family gathering di : - Floating Market Lembang Bandung - Taman Wisata Grafika Cikole Lembang - Maribaya Resort Lembang - The Lodge Maribaya Lembang - Taman Begonia Lembang - Avina Lembang - Orchid Forest Cikole Lembang - Sindang Reret - dsb Agar kegiatan Family Gathering di Lembang Bandung dapat optimal, Metamorphosa Indonesia akan menjadi EO anda, m