Langsung ke konten utama

DESTINATION INDONESIA : PULAU KOMODO


Menuju Pulau Komodo PULAU KOMODO
Pulau komodo terletak di flores, nusa tenggara, dan terkenal, sebagai habitat asli komodo yang merpakan hewan prasejarah satu-satunya di Indonesia dan masih hidup hingga kini. Pulau ini termasuk dalam kawasan taman nasional komodo yang harus djaga kesatriannya dan dilindungi pemerintah. Pulau komodo pun masuk dalam situs warisan dunia UNESCO new 7 Wonders of  Nature.
Di pulau ini komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Saat ini terdapat sekitar 1.300 ekor komodo. Jumlah komodo yang hidup  jika ditotal dengan pulau lain seperti pulau rinca, seluruhnya ada 2.500 sekor. Selain melihat komodo, dipulau ini kita juga bisa menikmati keindahan alam yang eksotis dan budaya masyarakat yang cukup kental.
Penamaan pulau, komodo berawal pada 1910. Ketika itu orang belanda menyebut pulau ini dengan pulau komodo. Kisah ini bermula saat Letnan Steyn Van Hens Broek mencoba membuktikan laporan pasukan belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo dan membawa dokumentasinya ke museum and Botancial Garden di Bogor untuk diteliti.
TRANSPORTASI

Lewat udara, menuju pulau ini dapat di tempuh dengan 2 cara, yaitu membeli tiket pesawat ke bali terlebih dahulu atau langsung menuju ke kupang.Biaya transportasi ini pun cukup mahal, total sekitar Rp3 juta (pulang-pergi).
Di bali setiap harinya ada dua hingga tiga kali penerbangan menuju labuhan-bajo komodo airport. Waktunya 1,5 jam. Ruteini adalah transnusa, wing air, dan merpati.
Transportasi Darat, kita bisa memulainya dari timur flores misalnya, ruteng, bajawa, ende maupun maumere.
Labuhan Bajo ke Pulau Komodo
Kita harus menyeberang menggunakan kapal. Sebaiknya pergi berombongan untuk meringankan biaya menyewa kapal.
Di labuhan bajo ada banyak pilihan transportasi kapal menuju pulau lomodo yaitu:
1. jukung nelayan, tarif sekitar Rp700.000-Rp800.000 per hari.
2. speedboat perjalanan dari labuhan bajo menuju pulau komodo selama 45 menit, tarif Rp3 juta. Berkapasitas 8-10 orang.
3. yacht. Kita tidak bisa menyewa kapal ini  melainkan dari bali. Tarif sewa U$$3.000 termasuk makan siang, snack dan minuman. Berkapasitas 20-30 orang.
4. kapal pinisi, kapal ini seperti hotel berjalan dengan puluhan kamar. Tarif U$$5.000 per hari.



PENGINAPAN
Ada banyak alternatif penginapan di labuhan bajo, mulai hotel bintang 4 hingga guesthouse. Lokasi hotel berbintang cukup jauh dari pelabuhan, tetapi pihak hotel menyediakan transportasi antar-jemput. Hotel akan mengenakan biaya Rp300.000 per orang.
Jika bujet terbatas sebaiknya menyewa guesthouse yang banyak terdapat di dekat pelabuhan. Tarifnya bervariasi mulai Rp100.000-Rp200.000.
Di pulau rinca terdapat guesthouse sederhana yang menawarkan beberapa kamar, sebagian wisatawan yang mengunjungi pulau rinca tidak menginap. Mereka menginap di perahu motor sewaan karena hamper semua perahu motor memiliki kabin dan kamar tidur. Tarif sewa per hari Rp1 juta-Rp1,5 juta.
TEMPAT MAKAN
Di labuhan bajo ada banyak warung makanan seafood. Ada juga masakan jawa dan padang.
OBJEK WISATA
Untuk menukmati pulau komodo adalah 5 hari, 2 hari untuk menikmati perjalanan 3 hari untuk menikmati keindahan pulau komodo. Saat yang baik untuk berkunjung adalah pertengahan dan akhir tahun karena cuaca yang cukup bersahabat.
Karena ada banyak pantai dan cuaca di sana cukup panas, kita sebaiknya mengenakan pakaian yang menyerap keringat, sandal gunung dan sepatu trekking, kacamata hitam, dan pakaian renang.
Untuk memasuki kawasan taman nasional komodo, pengunjung  wajib membayar biaya tiket masuk dengan aturan yang sudah di tetapkan.
Pulau Komodo
Loh liang adalah lokasi utama untuk melihat komodo di pulau ini. Di sini komodo sering terlihat di dasar sungai kering bani nggulung. Untuk  mencapai tempat ini di butuhkan waktu setengah jamberjalan kaki.
Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah trekking yang di temani pemandu lokal, ada tiga trek yang di sediakan, trek pendek, menengah , panjang. Trek pendek 45 menit, trek menengah 1,5 jam, trek panjang 5 jam. Dengan menempuh trek panjang kita berkesempatan melihat satwa liar lebih besar.
Pulau Rinci
Di pulau ini kita juga bisa melakukan trekking, selama satu jam menuju atas bukit. Selain itu kita bisa melihat hewan-hewan lain seperti kerbau liar, rusa, kuda liar, babi hutan, dan burung gosong langka.Komodo yang ada di pulau rinca kebanyakan masih remaja dan sedang ganas-ganasnya.
Pulau Kanawa
Pulau ini indah, air lautnya pun tenang. Di sini kita bisa keliling pulau, berenang, dan melakukan snorkeling, dan menikmati sunset yang indah. Di sini juga ada bungalau untuk bermalam.
Pulau Kambing
Pulau ini adalah pulau kecil yang bentuknya mirip kambing. Pulau kambing ini merupaka spot untuk berenang dan snorkeling. Sekitar pulau juga sangat indah jika di abadikan lewat foto.

Pink Beach
Adalah pantai yang berpasir warna merah muda. Warna tersebut berasal dari pecahan koral-koral dalam lautyang bercampur pasir. Kawasan ini terletak di ujung timur pulau komodo. Biasanya pink beach di jadikan tempat snorkeling oleh para turis karena keindahan pemandangan dasar lautnya.
Pulau Kalong
Keseluruhan pulau ini di tumbuhi tanaman rawa dan menjadi sarang kelelawar besar. Pemandangan sunset di pulau kalong sangat indah. Saat itu langit pemandangan didominasi oleh puluhan ribu kelelawar yang keluar dari sarang dan terbang untuk mencari makan. Fenomena alam menarik ini jangan sampai terlewatkan.

Postingan populer dari blog ini

Gathering Outbound untuk Sekolah

. Rutinitas proses belajar mengajar di ruang kelas kadang menumbuhkan rasa jenuh bagi siswa. Maka program belajar di alam terbuka dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan jenuh sekaligus refreshing bagi siswa adalah jalan keluar. Aktiftas Outing Outbound yang dilakukan di lokasi wisata dapat juga dijadikan salah satu alternatif untuk membangun character bagi siswa.

Jasa Talent Performance untuk Acara Gathering Thematic

Kegiatan Outing Gathering anda kurang lengkap apabila tidak dikemas dengan acara puncak kebersamaan. Konsep entertainment ini tentunya disesuakan dengan kebutuhan dan jenis acaranya. Kebutuhan talent, MC/Host sampai dengan dekorasi sangat diperlukan untuk mendukung acara ini. Beberapa konsep kegiatan yang dapat difasilitasi oleh EO Metamorphosa Indonesia antara lain : - Penyediaan ballroom / function hall sesuai kapasitas peserta - Penyediaan panggung / stage - Penyediaan dekorasi - Penyediaan lighting - Penyediaan komponen entertainment ( mulai single keyboard, perkusi, fullband, dsb) - Penyediaan MC/Host - Penyediaan penyanyi / artis - Penyediaan Penari / Talent Tradisional / Klasik - Penyediaan Penari / talent Modern Konsep entertainment ini disesuaikan dengan kebutuhan acara formal ataupn non formal untuk : - Meeting Gathering / Bisnis Gathering - Company Gathering / Employee Gathering - Family Gathering - Birthday party - Farewel Party - Wisuda Kelas / Mahas

FAMILY GATHERING PACKAGE

FAMILY GATHERING FAMILY GATHERING merupakan media yang efektif untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan baik antar karyawan, anggota keluarga karyawan, maupun management / pimpinan perusahaan. Kegiatan yang biasanya melibatkan anggota keluarga ini, akan memerlukan waktu khusus dalam perencanaan program agar hasilnya dapat lebih optimal. FAMILY GATHERING DI LEMBANG BANDUNG Kota Lembang dan Bandung banyak menawarkan tempat yang menarik untuk kegiatan Family gathering. Dengan ragam tempat wisata dan aktifitas outbound yang eduktaif dan atraktif, kami akan menjadi eo kegiatan anda dengan beberapa pilihan lokasi outbound family gathering di : - Floating Market Lembang Bandung - Taman Wisata Grafika Cikole Lembang - Maribaya Resort Lembang - The Lodge Maribaya Lembang - Taman Begonia Lembang - Avina Lembang - Orchid Forest Cikole Lembang - Sindang Reret - dsb Agar kegiatan Family Gathering di Lembang Bandung dapat optimal, Metamorphosa Indonesia akan menjadi EO anda, m